Pengembangan media peta sejarah situs kolonial belanda di trenggalek tahun 1830-1940 untuk siswa kelas xi sman 1 karangan / Bigma Agustya Sorendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media peta sejarah situs kolonial belanda di trenggalek tahun 1830-1940 untuk siswa kelas xi sman 1 karangan / Bigma Agustya Sorendy

Sorendy, Bigma Agustya (2022) Pengembangan media peta sejarah situs kolonial belanda di trenggalek tahun 1830-1940 untuk siswa kelas xi sman 1 karangan / Bigma Agustya Sorendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sorendy B.A. 2020. Pengembangan Media Peta Sejarah Situs Kolonial Belanda di Trenggalek Tahun 1830-1940 Untuk Siswa Kelas XI SMAN 1 Karangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum. (2) Arif Subekti S.Pd. M. A. Kata Kunci Pengembangan sejarah lokal situs kolonial peta. Proses pembelajaran sejarah pada jenjang pendidikan SMA lebih menekankan pada aspek keruangan dan manusia daripada aspek waktu seperti halnya materi periodisasi nasional yang membahas mengenai tokoh-tokoh besar. Aspek keruangan seperti materi sejarah lokal jarang tersampaikan dalam pembelajaran matapelajaran sejarah. Oleh karena itu bagian yang penting untuk disampaikan adalah situs kolonial di Kota Trenggalek. Atas dasar latar belakang tersebut penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa peta yang dilengkapi dengan buku penunjang untuk mempermudah siswa dalam mencari informasi mengenai situs kolonial yang ada di Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation ). Model ADDIE ini memiliki lima langkah atau tahapan yang harus dilalui dalam melakukan penelitian dan pengembangan di antaranya adalah (1) Analisis (Analyze) (2) Perancangan (design) (3) Pengembangan (development) (4) Implementasi (implementation) dan (5) Evaluasi (evaluate). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil validasi media untuk produk ini sebesar 96% dan validasi materi sebesar 95% dengan hasil validasi produk yang dihasilkan dalam kategori sangat valid. Selain itu untuk uji kelayakan kelompok kecil 85 8% dan mengalami sedikit revisi yang kemudian dilakukan uji coba kelompok besar dengan hasil presentase 90 3%. Hasil dari uji coba tersebut dalam kategori sangat layak. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media peta sejarah yang dilengkapi buku penunjang layak digunakan untuk mendukung pembelajaran sejarah kolonial Belanda di Trenggalek tahun 1830-1940 untuk siswa Kelas XI SMAN 1 Karangan. Hal ini dikarenakan materi yang dihadirkan memberikan pengetahuan baru dalam pembelajaran sejarah yang selama ini didominasi materi nasional sehingga kurang memberikan penjelasan mengenai materi sejarah lokal Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 03:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271114

Actions (login required)

View Item View Item