Pengembangan buku suplemen berbasis peninggalan bangunan kolonial Kota Malang dalam pembelajaran Sejarah untuk siswa kelas xi ips SMAK Santa Maria Malang / Julissa Ratna Ardianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen berbasis peninggalan bangunan kolonial Kota Malang dalam pembelajaran Sejarah untuk siswa kelas xi ips SMAK Santa Maria Malang / Julissa Ratna Ardianti

Ardianti, Julissa Ratna (2022) Pengembangan buku suplemen berbasis peninggalan bangunan kolonial Kota Malang dalam pembelajaran Sejarah untuk siswa kelas xi ips SMAK Santa Maria Malang / Julissa Ratna Ardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran seorang guru diharuskan kreatif menggiatkan motivasi belajar siswa. Salah satu cara yang rasional untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Pandangan siswa terhadap matapelajaran sejarah dinilai kurang baik dimana pembelajaran sejarah seperti menjadi asing dan bukan milik kita seutuhnya. Pembelajaran sejarah bisa berkesan lebih berfaedah dan mudah dimengerti jika disampaikan melalui penggunaan pendekatan kontekstual dengan mencantumkan materi sejarah lokal atau menghubungkan berbagai kejadian sejarah yang ada di sekitar lingkungan para siswa. Guru matapelajaran Sejarah Indonesia menyatakan bahwa pembelajaran sejarah di sekolah masih belum maksimal dalam membangun relevansi dengan sejarah lokal. Buku paket yang dipakai dalam matapelajaran Sejarah Indonesia juga belum memuat materi berkenaan dengan sejarah lokal. Sebaran peninggalan kebudayaan kolonial di Kota Malang tersebut melahirkan potensi yang sempurna untuk dimanfaatkan dalam penyusunan menjadi bahan ajar. Maka diperlukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk buku suplemen berbasis peninggalan kolonial Kota Malang guna melengkapi materi pada buku paket. Pengembangan buku suplemen berbasis peninggalan Kolonial Belanda Kota Malang menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan Langkah. Produk diujicobakan pada kelas XI IPS di SMAK Santa Maria Malang. Teknik pengumpulan data meliputi angket validasi ahli materi angket validasi bahan ajar angket pengguna produk serta angket motivasi belajar siswa. Data yang didapatkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif dijalankan dengan rumus deskriptif dan menghasilkan rata-rata yang kemudian dikategorikan dalam kriteria kevalidan. Penelitian dan Pengembangan produk bahan ajar buku suplemen berbasis peninggalan Kolonial Belanda Kota Malang bisa dijadikan referensi untuk mengembangkan produk serupa yang lebih inovatif. Diharapkan peneliti lain dapat mengangkat peninggalan bersejarah di daerahnya masing-masing agar semakin memperkaya wawasan siswa mengenai sejarah lokal di daerah para siswa. Lebih jauh bagi peneliti lain juga bisa melengkapi produk dengan fitur-fitur lain yang semakin mendukung materi dalam produk bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271112

Actions (login required)

View Item View Item