Pengembangan media journey guerilla of revolution (jaguar) berbasis unity tentang perjuangan tatsuo ichiki dalam Agresi Militer Belanda II untuk pembelajaran sejarah siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Turen / Maudy Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media journey guerilla of revolution (jaguar) berbasis unity tentang perjuangan tatsuo ichiki dalam Agresi Militer Belanda II untuk pembelajaran sejarah siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Turen / Maudy Amalia

Amalia, Maudy (2022) Pengembangan media journey guerilla of revolution (jaguar) berbasis unity tentang perjuangan tatsuo ichiki dalam Agresi Militer Belanda II untuk pembelajaran sejarah siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Turen / Maudy Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi di era kontemporer ini telah memberikan dampak sangat signifan terhadap kehidupan manusia salah satunya dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran kemajuan teknologi informasi banyak difokuskan pada inovasi media. Hal ini dikarenakan penggunaan media yang berbasis teknologi diharapkan dapat memudahkan siswa memahami materi sehingga memberikan efisiensi terhadap upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Meskipun demikian terdapat beberapa masalah yang mengakibatkan kurangnya inovasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran salah satunya kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Turen. Berdasarkan hasil wawancara dan pengisian angket kuesioner di bulan Oktober ndash November 2021 peneliti mendapatkan beberapa informasi terkait kurangnya inovasi tersebut. Pertama inovasi materi tentang kajian sejarah lokal belum dihadirkan. Kedua siswa dan guru yang masih membutuhkan adanya inovasi media pembelajaran sejarah yang interaktif. Ketiga intensitas penggunaan gadget yang kurang bijaksana pada diri siswa. Oleh karenanya dibutuhkan inovasi yang tepat guna salah satunya dengan mengemas kajian sejarah lokal ke dalam media pembelajaran sejarah interaktif yang berbentuk aplikasi android. Menindaklanjuti alternatif solusi yang ditawarkan peneliti kemudian menjalankan penelitian ini dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran sejarah lsquo JAGUAR rsquo serta menguji efektivitasnya pada siswa XI MIPA 3 SMAN 1 Turen. Salah satu upaya peneliti guna mencapai beberapa tujuan penelitian tersebut secara efektif adalah dengan mengacu pada satu metode penelitian. Dalam kajian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE dari Nunuk Suryani Achmad Setiawan serta Aditin Putria. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan berdasarkan metode tersebut di antaranya (1) melakukan identifikasi analisis kebutuhan (analyze) (2) membuat perancangan dari analisis kebutuhan (design) (3) melakukan pengembangan pada beberapa hal yang berkaitan dengan penelitian (development) (4) melaksanakan pengujian validitas dan efektivitas (implementation) dan (5) penilaian terhadap semua tahapan (evaluation). Kemudian untuk mendapatkan data terkait penelitian peneliti menggunakan acuan kisi-kisi instrumen yang diterapkan pada lembar uji validasi materi dan media serta angket efektivitas yang diberikan kepada siswa dalam small group trial dan field trial. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni media pembelajaran sejarah lsquo JAGUAR rsquo tentang perjuangan Tatsuo Ichiki dalam Agresi Militer Belanda II 1948 ndash 1949 dan berpacu pada Kompetensi Dasar (KD) 3.10 berisi menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Media lsquo JAGUAR rsquo yang dikembangkan sangat valid dan sangat efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah pernyataan ini didasarkan pada perolehan hasil validitas materi sebesar 91 3% validitas media sebesar 98 7% pengujian efektivitas dalam small group trial sebesar 90 9% serta pengujian dalam field trial sebesar 94 4%. Pengembangan lebih lanjut terhadap penelitian ini dapat diarahkan untuk memperbaiki sistem update materi kemudian menyebarluaskan media lsquo JAGUAR rsquo melalui Google Playstore.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271111

Actions (login required)

View Item View Item