Pengembangan electronic-infographic history book (e-infotory book) tentang peranan Syekh Hasan Besari dalam penyebaran Agama Islam di Ponorogo untuk siswa kelas x ips SMAN 2 Mejayan / Yanita Irda Karima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan electronic-infographic history book (e-infotory book) tentang peranan Syekh Hasan Besari dalam penyebaran Agama Islam di Ponorogo untuk siswa kelas x ips SMAN 2 Mejayan / Yanita Irda Karima

Karima, Yanita Irda (2022) Pengembangan electronic-infographic history book (e-infotory book) tentang peranan Syekh Hasan Besari dalam penyebaran Agama Islam di Ponorogo untuk siswa kelas x ips SMAN 2 Mejayan / Yanita Irda Karima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber belajar merupakan aspek yang penting dalam menunjang proses pembelajaran. Sumber belajar sejarah dapat memuat berbagai macam konten materi kesejarahan. Sayangnya materi pembelajaran sejarah seringkali dihadapkan pada materi yang terfokus pada sejarah nasional sehingga materi terkait dengan sejarah lokal masih belum dipahami oleh siswa. Permasalahan yang ada dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMAN 2 Mejayan adalah pemahaman siswa terkait materi sejarah lokal yang masih rendah disebabkan kurangnya sumber belajar yang membahas terkait sejarah lokal. Selain itu sumber belajar yang digunakan di sekolah masih konvensional berupa buku teks dan LKS serta kurang bervariasi baik dalam segi penyajian konten materi maupun bentuknya. Permasalahan pembelajaran di kelas X IPS SMAN 2 Mejayan terkait materi sejarah lokal dapat dipecahkan melalui pengembangan sumber belajar digital bermuatan lokal dalam bentuk electronic-infographic history book yang peneliti namakan dengan akronime e-Infotory Book. Sumber belajar berupa e-Infotory Book ini menjadi salah satu upaya peneliti untuk mengembangkan sumber belajar yang berisi materi sejarah lokal sehingga siswa paham sejarah lokal khususnya tentang proses masuknya Islam di Ponorogo dan wilayah disekitarnya. E-Infotory Book ini didesain dalam bentuk elektronik sehingga penggunaannya lebih efektif praktis dan efisien bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Sumber belajar ini dikembangkan dalam bentuk digital dan diakses dengan menggunakan koneksi internet. Sumber belajar e-Infotory Book dikembangkan menggunakan sepuluh tahapan model pengembangan Sugiyono yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal. Sumber belajar ini telah melalui tahap validasi oleh validator materi dan validator media dan diuji-cobakan pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 2 Mejayan. Sumber belajar e-Infotory Book yang telah dihasilkan memiliki tampilan yang menarik dan menggabungkan antara karakteristik e-book dan infografis sehingga memperingkas materi dan memudahkan siswa untuk memahami materi. E-Infotory Book ini dilengkapi dengan gambar-gambar pendukung di dalamnya terkait materi yang diangkat agar mampu mendorong peserta didik untuk memahami konsep materi yang dikomunikasikan dengan disertai alat evaluasi berupa kuis interaktif untuk menunjang proses pembelajaran. Hasil uji validasi oleh validator materi menunjukkan persentase 93 1% sedangkan hasil uji validasi oleh validator media menunjukkan persentase 94%. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa sumber belajar termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji efektivitas produk oleh kelompok kecil diperoleh persentase 92 4% dan hasil uji efektivitas produk oleh kelompok besar diperoleh persentase 89 2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber belajar e-Infotory Book sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271110

Actions (login required)

View Item View Item