Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis lectora inspire pada materi pertempuran Surabaya 1945 kelas xi ips 1 MAN 2 Tulungagung / Nitatun Khafidhoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis lectora inspire pada materi pertempuran Surabaya 1945 kelas xi ips 1 MAN 2 Tulungagung / Nitatun Khafidhoh

Khafidhoh, Nitatun (2022) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis lectora inspire pada materi pertempuran Surabaya 1945 kelas xi ips 1 MAN 2 Tulungagung / Nitatun Khafidhoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan inovasi pembelajaran sejarah didorong oleh adanya permasalahan yang menyebabkan adanya perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi yang dimaksud adalah pengembangan media sebagai sarana dalam proses penyebaran materi dari pengajar ke pembelajar dalam suatu kegiatan pembelajaran. Namun dengan adanya berbagai masalah pembelajaran menyebabkan kurangnya pemahaman materi oleh siswa. Sama halnya dengan siswa kelas XI IPS 1 di MAN 2 Tulungagung yang belum dapat memahami materi Sejarah Indonesia dengan baik. Hal ini didorong oleh materi pembelajaran yang padat dan pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal. Oleh sebab itu sangat penting bagi memperbarui media pembelajaran yang dapat memfasilitasi dan meningkatkan pemahaman siswa tentang Sejarah Indonesia salah satunya pada materi pokok pertempuran Surabaya 1945. Media pembelajaran tersebut memuat materi mengenai pertempuran Surabaya 1945. Penelitian pengembangan ini mengambil metode pengembangan Sugiyono dimana menawarkan tahapan seperti (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) pembuatan produk masal (Sugiyono 2019). Jenis data dalam penelitian Lectora Inspire terdapat data kualitatif berupa pujian saran serta komentar dan data kuantitatif berasal oleh skor yang terdapat pada angket respon validasi ahli dan angket respon siswa. Produk pengembangan ini diuji-cobakan terhadap siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis data hasil validator ahli materi mendapatkan 90% sedangkan hasil dari validator ahli media mendapatkan 87 5%. Hasil angket kelayakan produk oleh kelompok kecil yang berjumlah 8 siswa mendapat nilai persentase sebesar 85 1% sedangkan hasil angket kelayakan pada kelompok besar yang berjumlah 32 siswa mendapat nilai persentase 88 9%. Berdasarkan temuan di atas dapat ditafsirkan jika media belajar berbasis Lectora Inspire sangat valid dan sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu terkait tampilan dan teknik aplikasi dengan penambahan materi baru penambahan ilustrasi yang sesuai dan lebih banyak. Kemudian produk media Lectora Inspire dapat diperluas lagi tidak hanya untuk pengguna android akan tetapi juga dapat digunakan oleh pengguna IOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271108

Actions (login required)

View Item View Item