Pengembangan history e-magazine (histoemag) berbasis adobe flash materi peninggalan sejarah Hindu-buddha pada koleksi Museum kabupaten Pasuruan kelas x ibb sman 1 bangil pasuruan / Muntiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan history e-magazine (histoemag) berbasis adobe flash materi peninggalan sejarah Hindu-buddha pada koleksi Museum kabupaten Pasuruan kelas x ibb sman 1 bangil pasuruan / Muntiani

Muntiani (2022) Pengembangan history e-magazine (histoemag) berbasis adobe flash materi peninggalan sejarah Hindu-buddha pada koleksi Museum kabupaten Pasuruan kelas x ibb sman 1 bangil pasuruan / Muntiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini menghasilkan produk serta mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar History e-magazine (Histoemag) berbasis Adobe Flash materi peninggalan sejarah Hindu-Buddha pada Koleksi Museum Kabupaten Pasuruan untuk siswa kelas X IBB SMAN 1 Bangil. Berangkat dari potensi dan masalah yang ditemukan yakni minimnya penggunaan bahan ajar inovatif dalam pembelajaran sejarah peneliti mengembangkan bahan ajar berupa History electronic magazine (Histoemag). Penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono dengan 10 tahapan terdiri dari 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan 10) produksi massal. Penelitian dan pengembangan produk ini menghasilkan bahan ajar berbentuk majalah elektronik sejarah memuat materi peninggalan sejarah Hindu-Buddha yang dikemas menjadi tiga bagian disertai gambar video rubrik game (teka-teki silang) dan latihan soal (kuis) yang dapat mendukung penyampaian materi dalam bahan ajar. Adapun hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 92 85% (sangat valid) 98 21% dari ahli bahan ajar (sangat valid) 91 83% dari hasil uji coba kelompok kecil (sangat efektif) dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh sebesar 94 60 % (sangat efektif). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar History e-magazine berbasis Adobe Flash dinyatakan sangat valid dan sangat efektif dengan memenuhi kriteria sangat layak sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271105

Actions (login required)

View Item View Item