Pengembangan media pembelajaran booklet digital materi masa pergerakan Nasional Indonesia untuk siswa kelas xi ips 3 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Nadia Fitriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran booklet digital materi masa pergerakan Nasional Indonesia untuk siswa kelas xi ips 3 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Nadia Fitriyani

Fitriyani, Nadia (2022) Pengembangan media pembelajaran booklet digital materi masa pergerakan Nasional Indonesia untuk siswa kelas xi ips 3 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan / Nadia Fitriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriyani Nadia. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Digital Materi Masa Pergerakan Nasional Indonesia untuk Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd. Ph.D (2) Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Digital Media adalah perangkat untuk menyampaikan informasi dalam pembelajaran. Sayangnya media belajar yang dimanfaatkan di SMAN 1 Grati masih belum digunakan secara optimal dalam pembelajaran sejarah. Sehingga berpengaruh dalam pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari permasalahan yang terjadi di siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Grati beberapa siswa yang masih memiliki pemahaman yang rendah terhadap materi periode pergerakan nasional berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan yang telah disebar. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran digunakan di dalam kelas hanya menggunakan PowerPoint. Berdasarkan dari permasalahan tersebut diperlukan inovasi terkait media pembelajaran sehingga memudahkan siswa memahami materi pergerakan nasional Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yakni membuat media booklet digital bagi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Grati sebagai media untuk mempelajari mata pelajaran sejarah. Media booklet digital yang dikembangkan peneliti untuk memudahkan siswa memahami materi pergerakan nasional Indonesia. Penelitian pengembangan ini mengambil model pengembangan Sugiyono dimana terdapat sepuluh tahapan yaitu (1) potensi masalah (2) mengumpulkan data (3) mendesain media (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) pembuatan produk massal. Ada dua jenis data dalam penelitian yakni kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari validasi ahli kuesioner respon guru dan kuesioner jawaban siswa untuk sampai pada nilai numerik. Data kualitatif di sisi lain berasal dari komentar dan saran validasi ahli survei tanggapan guru dan kuesioner respons siswa. Dalam penyelidikan ini teknik analisis yang digunakan bersifat deskriptif. Produk pengembangan akan diuji-cobakan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Grati sebanyak 30 siswa. Hasil validasi produk memperoleh skor 93 3% dari validator ahli materi 92 3% dari validator ahli media. Sementara itu dari hasil angket respon guru didapatkan skor sebesar 88 8%. Adapun dari hasil uji coba pemakaian memperoleh skor 90 5% merupakan hasil uji kelompok kecil 88 3% merupakan uji kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian media booklet digital pada materi pergerakan nasional Indonesia cocok dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271104

Actions (login required)

View Item View Item