Pemanfaatan laboratorium sejarah sebagai sumber belajar sejarah lokal masa hindu buddha pada Kelas X SMA Negeri 2 Situbondo / Ilyas Sholehadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan laboratorium sejarah sebagai sumber belajar sejarah lokal masa hindu buddha pada Kelas X SMA Negeri 2 Situbondo / Ilyas Sholehadi

Sholehadi, Ilyas (2022) Pemanfaatan laboratorium sejarah sebagai sumber belajar sejarah lokal masa hindu buddha pada Kelas X SMA Negeri 2 Situbondo / Ilyas Sholehadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 revisi secara nasional oleh pemerintah sebagai sebuah kebijakan terhadap pendidikan nasional dalam membentuk masyarakat Indonesia yang mencintai tanah air. Hal ini terlihal pada penerapan kurikulum pendidikan sejarah dengan memanfaatkan muatan lokal dalam hal ini sejarah lokal. Pembelajaran sejarah lokal sangat penting untuk mendidik pribadi-pribadi siswa mencintai sejarahnya sendiri. Sarana sekolah seperti Laboratorium Sejarah di SMA Negeri 2 Situbondo menjadi tempat penyimpanan dan perawatan benda bersejarah namun kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap sejarah lokal Situbondo pada masa Majapahit sebelum dan sesudah menggunakan Laboratorium Sejarah sebagai sumber belajar serta penggunaan benda di Laboratorium Sejarah dapat memengaruhi daya tangkap siswa pada materi sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara Angket pengerjaan soal dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap dari penilitian ini terdiri dari tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan panduan pengumpulan data untuk memudahkan peneliti dalam pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian di atas diperoleh beberapa hasil. Pertama Laboratorium Sejarah sebagai sumber belajar bagi siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang konkrit dani langsung bagi siswa dan relevan sebagai sumber berlajar dengan potensinya menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diamati secara langsung. Kedua Koleksi laboratorium Sejarah yang banyak dapat dimanfaatkan dengan optimal dengan menyesuaikan materi ajar sekolah sehingga siswa lebih mudah memahami materi melalui rangkaian pembelajaran dengan melihat secara langsung. Ketiga Pemanfaatan Laboratorium Sejarah sebagai sumber sejarah dapat membentuk suasana belajar yang nyaman dimana berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah khususnya materi sejarah lokal. Hal ini dapat diketahui melalui perolehan angket dan sebaran soal baik setelah menggunakan Laboratorium Sejarah. Sehingga pembelajaran memiliki nilai lebih karena dapat menghadirkan fakta masa lalu bagi siswa. Maka dari itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif baru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui pemanfaatan Laboratorium Sejarah sebagai sumber belajar sejarah siswa SMA Negeri 2 Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271101

Actions (login required)

View Item View Item