Perbandingan implementasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Shela Dwi Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan implementasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Shela Dwi Utari

Utari, Shela Dwi (2022) Perbandingan implementasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Shela Dwi Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sejarah telah membuat langkah signifikan di era kontemporer terutama dalam hal pengembangan model pembelajaran. Tidak lagi terbatas pada masa lalu sejarah kini juga mencerminkan kehidupan modern. Dimasukkannya instruksi sejarah yang interaktif relevan dan menarik dapat membantu pembelajaran siswa. Mengembangkan pembelajaran interaktif yang berpusat pada siswa merupakan salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapat menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif di kelas seperti ARIAS dan problem based learning. Penelitian ini mencoba membandingkan hasil belajar siswa yang memanfaatkan model pembelajaran ARIAS dengan problem based learning untuk konten sejarah Budha dan Hindu. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi-eksperimen dan analisis instrumen menggunakan uji validitas reliabilitas normalitas homogenitas ANOVA dan t. Menurut nilai signifikansi uji-t sebesar 0 034 terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelas ARIAS dengan kelas problem based learning dalam hal hasil belajar. Kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS memiliki kinerja kelas yang lebih tinggi daripada kelas problem based learning. Hasilnya adalah ada kesenjangan besar antara kedua kelas dalam hal hasil belajar dengan perbedaan rata-rata 7 4 poin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271099

Actions (login required)

View Item View Item