Pengembangan media pembelajaran smart apps creator sejarah (SACSEJ) berbasis android pada materi sejarah Kerajaan Singhasari untuk siswa Kelas XI MIPA 3 SMAI Al Maarif Singosari Kabupaten Malang / Febry Adi Susmianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran smart apps creator sejarah (SACSEJ) berbasis android pada materi sejarah Kerajaan Singhasari untuk siswa Kelas XI MIPA 3 SMAI Al Maarif Singosari Kabupaten Malang / Febry Adi Susmianto

Susmianto, Febry Adi (2022) Pengembangan media pembelajaran smart apps creator sejarah (SACSEJ) berbasis android pada materi sejarah Kerajaan Singhasari untuk siswa Kelas XI MIPA 3 SMAI Al Maarif Singosari Kabupaten Malang / Febry Adi Susmianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen terpenting untuk menunjang belajar siswa. Observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SMAI Al Maarif menunjukkan adanya kendala dalam proses belajar sejarah di dalam kelas. Guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint dan video. Tidak ada nya penggunaan ponsel atau gawai berupa aplikasi yang menunjang pembelajaran dalam kelas dan sebagai penambah hal positif dalam pemanfaatan teknologi. Berdasarkan kondisi hasil observasi tersebut maka peneliti bermaksud melakukan sebuah inovasi untuk mengatasi permasalahan yang ada di SMAI Al Maarif dalam hal menyampaikan materi sejarah terkhusus materi Kerajaan Singhasari. Peneliti menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis Android menggunakan software SAC (Smart Apps Creator) media tersebut bernama SACSEJ. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat validitas produk kelayakan produk terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian Sugiyono. Model penelitian Sugiyono terdiri dari 10 tahapan dan peneliti hanya menggunakan 9 tahap penelitian yaitu meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian yaitu tahap pemakaian produk 9) revisi produk. Pada tahap potensi masalah peneliti menganalisis potensi dan masalah yang ada di SMAI Al Maarif Singosari berupa menganalisis kebutuhan yang meliputi kompetensi materi dan siswa. Pada tahap pengumpulan data peneliti mengumpulkan data yang dibutuhkan berupa angket dan wawancara. Pada tahap desain produk peneliti membuat storyboard dan desain secara garis besar produk. Pada tahap validasi desain peneliti menggunakan angket dan menguji validasi ke validator ahli media dan materi. Pada tahap revisi desain peneliti memperbaiki produk atas saran validator ahli media dan materi. Pada tahap uji coba produk peneliti melakukan uji coba ke siswa dengan kategori kelompok kecil dan besar. Pada tahap revisi produk peneliti memperbaiki produk media atas saran dan kritik dari uji coba kelompok kecil. Pada tahap uji coba pemakaian peneliti menggunakan uji coba kelompok besar. Pada tahap revisi produk peneliti memperbaiki produk atas saran dan kritik dari uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi materi media pembelajaran interaktif SACSEJ tentang Sejarah Kerajaan Singhasari mendapat skor 90% dan validasi media 90%. Hasil Uji kelayakan dari kelompok kecil sebesar 93 5% dan kelompok besar sebesar 93% berada dalam kategori sangat layak. Media pembelajaran interaktif SACSEJ tentang Sejarah Kerajaan Singhasari layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271090

Actions (login required)

View Item View Item