Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar sejarah Kelas X animasi C dan RPL a SMK Negeri 4 Malang dalam pembelajaran daring / Nabilla Dian Permata Qolby - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar sejarah Kelas X animasi C dan RPL a SMK Negeri 4 Malang dalam pembelajaran daring / Nabilla Dian Permata Qolby

Qolby, Nabilla Dian Permata (2022) Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar sejarah Kelas X animasi C dan RPL a SMK Negeri 4 Malang dalam pembelajaran daring / Nabilla Dian Permata Qolby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam diri dan dari luar untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan belajar. Sedangkan hasil belajar adalah hasil dari yang diperoleh setelah melewati proses pembelajaran atau pengalaman belajar. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya tatap muka dan dilakukan melalui jaringan internet. Pandemi Covid-19 mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Dengan adanya perubahan ini pendidikan beradaptasi dengan pembelajaran daring. Adaptasi yang dilakukan menimbulkan berbagai masalah dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Perubahan adaptasi ini mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas X Animasi C dan RPL A. Motivasi yang dimiliki peserta didik dikhawatirkan mempengaruhi hasil belajarnya. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar sejarah kelas X Animasi C dan RPL A SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendektana kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar sejarah peserta didik. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMKN 4 Malang dengan sampel kelas X Animasi C dan RPL A. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik Purpose Sampling. Pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes dalam pengukurannya. Instrumen angket dan tes divalidasi oleh dosen ahli dan kemudian di uji cobakan sebelum di lakukan penelitian. Hasil uji coba angket dan tes di lanjutkan dengan pengecekan validitas dan reabilitas menggunakan SPSS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap pertama diberikan kepada peserta didik kelas X Animasi C kemudian RPL A. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Uji Koralation Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik dengan sub variabel intrinsik sebesar 74 06% dan ekstrinsik 75 74%. Hasil belajar peserta didik kelas X Animasi C dan RPL A yang berhasil mendapat nilai diatas rata-rata sebesar 68 75%. Serta terdapat hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar sejarah yang dibuktikan dengan nilai signifikansi (0 02 lt 0 05) dan nilai r adalah 0 289. Indeks korelasi yang dimiliki motivasi dengan hasil belajar sejarah termasuk memiliki hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271087

Actions (login required)

View Item View Item