Problematika pembelajaran sejarah pada masa pandemi di SMA Panjura Kota Malang / Riyan Anugerah Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran sejarah pada masa pandemi di SMA Panjura Kota Malang / Riyan Anugerah Wibowo

Wibowo, Riyan Anugerah (2022) Problematika pembelajaran sejarah pada masa pandemi di SMA Panjura Kota Malang / Riyan Anugerah Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran yang dilaksanakan secara luring menjadi pembelajaran daring. Kondisi seperti ini membuat SMA Panjura Kota Malang menerapkan sistem atau kebijakan yang dianjurkan oleh pemerintah yakni pembelajaran hybrid. Adanya kebijakan ini mengakibatkan munculnya problematika khususnya pada pembelajaran sejarah baik dari guru maupun siswa. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi problematika yang terjadi pada saat kegiatan pembelajaran daring dan luring dalam mata pelajaran sejarah yang meliputi aspek persiapan pelaksanaan dan evaluasi dari sudut pandang guru serta siswa di SMA Panjura Kota Malang. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis permasalahan pembelajaran yang terjadi di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yakni teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru sejarah kepala sekolah wakil kepala kurikulum orang tua siswa siswa pengamatan secara langsung pembelajaran sejarah dan dokumentasi. Lalu analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara terus menerus. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan problematika pembelajaran sejarah yang mencangkup aspek persiapan pelaksanaan di era pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya problematika pembelajaran sejarah yang meliputi aspek persiapan pelaksanaan dan evaluasi baik dari guru maupun siswa. Secara garis besar problematika guru pada aspek persiapan adalah guru mengalami kendala saat mempersiapkan perangkat pembelajaran dan adanya perubahan jadwal pembelajaran di setiap minggunya. Kemudian pada aspek pelaksanaan metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru terkesan monoton sehingga menyebabkan beberapa permasalahan yang menjadikan komunikasi dua arah antara siswa dengan guru tidak berjalan secara makismal. Selain itu pada aspek evaluasi problematika guru mengalami kesulitan dalam menindak hasil penilaian dan guru tidak bisa memberikan soal yang lebih dikarenakan keterbatasan waktu. Adapun problematika persiapan pada siswa yakni sebelum memulai pembelajaran siswa mengalami kendala dalam sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti perangkat elektronik dan seragam sekolah sehingga ketika melakukan absensi siswa menjadi terhambat. Kemudian pada aspek pelaksanaan siswa mengalami kendala pada komunikasi dua arah yang kurang maksimal sehingga menyebabkan permasalahan seperti bosan mengantuk dan pemahaman materi yang tidak tersampaikan secara maksimal. Selain itu pada aspek evaluasi siswa mengalami kendala seperti banyaknya tugas yang didapat dan tidak adanya motivasi dari dalam diri siswa untuk mengerjakan tugas tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271060

Actions (login required)

View Item View Item