Pengembangan media pembelajaran sejarah “armaps” materi kehidupan zaman mesolitik pada gua-gua hunian karst liang bangkai untuk kelas x animasi a SMK Negeri 4 Malang / Hawiki Renalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah “armaps” materi kehidupan zaman mesolitik pada gua-gua hunian karst liang bangkai untuk kelas x animasi a SMK Negeri 4 Malang / Hawiki Renalia

Renalia, Hawiki (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah “armaps” materi kehidupan zaman mesolitik pada gua-gua hunian karst liang bangkai untuk kelas x animasi a SMK Negeri 4 Malang / Hawiki Renalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini didasarkan pada pentingnya menyikapi perubahan masif dalam pembelajaran sejarah yang didorong dengan pengembangan inovasi pembelajaran. Namun berbagai masalah pembelajaran muncul menyebabkan kurangnya pemahaman materi oleh peserta didik. Begitu pula yang terjadi pada peserta didik kelas X ANIMASI A di SMK Negeri 4 Malang yang belum dapat memahami materi Sejarah Indonesia dengan baik. Hal ini didorong oleh materi pembelajaran yang padat dan pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal. Sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi yang tersedia pada buku teks. Berdasarkan hal tersebut diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat memudahkan dalam belajar Sejarah Indonesia dan meningkatkan pemahaman peserta didik salah satunya pada materi pokok kehidupan masyarakat Prasejarah yang memuat terkait nilai- nilai sejarah dengan menggunakan media visual augmented reality. Media ini dapat meningkatkan imajinasi dan minat peserta didik sehingga akan meningkatkan pemahaman terkait materi. Di sisi lain augmented reality mampu untuk memperjelas ide dan dapat menghadirkan pengalaman nyata dalam kelas. Augmented reality dikemas secara digital dapat menciptakan interaksi antara peserta didik dengan objek 3D secara langsung sehingga dapat mempermudah penyampaian informasi. Berdasarkan beberapa hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran ARMAPS dan menguji efektivitas media pembelajaran yang memuat materi pokok kehidupan masyarakat Zaman Mesolitik di Kalimantan Selatan pada peserta didik kelas X ANIMASI A di SMK Negeri 4 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan dan (4) penyebaran. Media pembelajaran ldquo ARMAPS rdquo berisi tentang materi kehidupan masyarakat Zaman Mesolitik di Kalimantan Selatan. Materi tersebut mengacu pada kompetensi dasar 3.2 yang terdapat pada matapelajaran Sejarah Indonesia. Media pembelajaran ldquo ARMAPS rdquo memuat materi dalam bentuk infografis yang dikemas dalam bentuk aplikasi android. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi materi mendapatkan persentase sebesar 93 75%. Sedangkan hasil dari validasi ahli media mendapat nilai persentase sebesar 97 11%. Hasil angket efektivitas produk pada kelompok kecil mendapat nilai sebesar 92 2% lalu hasil angket efektivitas produk pada kelompok besar mendapat nilai persentase sebesar 93 3%. Berdasarkan perolehan nilai persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ldquo ARMAPS rdquo tergolong sangat valid dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini adalah dilakukan dengan berfokus pada penyusunan tujuan pembelajaran yang sesuai penyusunan petunjuk penggunaan yang jelas serta penambahan dan eksplorasi desain gambar ilustrasi dan foto situs gua hunian pada bagian materi guna memaksimalkan penyampaian informasi kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271057

Actions (login required)

View Item View Item