Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah Malang / Diana Akhlaqul Karimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah Malang / Diana Akhlaqul Karimah

Karimah, Diana Akhlaqul (2012) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa VII SMP Aisyiyah Muhammadiyah Malang / Diana Akhlaqul Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa siswa kelas vii SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang lebih dari 50% siswa dari 26 orang belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 60 ketuntasan individu. hal ini terlihat dari nilai-nilai ujian yang masih rendah. Permasalahan yang terjadi pada kelas vii adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Pembelajaran kooperatif model jigsaw merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secerea heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggungjawab secara mandiri. Pnelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) subyak penelitian ini adalah siswa kelas vii SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitaf. Hasil analisis data setelah penerapan model jigsaw menunjukkan bahwa 1) jumlah siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah 16 anak dengan prosentase 62% dan jumlah siswa yang cukup aktif ada 10 anak dengan prosentase 38% tidak ada satupun siswa yang tidak aktif dengan prosentase 0%. 2) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 68 07 dengan prosentase 88% siswa tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran jigsaw dapat dijadikan alternatif model pembelajaran dalam kegiatan pembelajajaran matematika kelas vii SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item