Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di sman 1 trenggalek / Rosalia Rica Rafinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di sman 1 trenggalek / Rosalia Rica Rafinda

Rafinda, Rosalia Rica Rafinda (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di sman 1 trenggalek / Rosalia Rica Rafinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang didasarkan pada permasalahan yang membutuhkan penyelidikan dari permasalahan yang nyata sehingga siswa dituntut untuk meningkatkan keterampilan berifikir kritis dan aktif terlibat dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Masalah utama pada kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara pembelajaran UKBM dengan pemberian latihan soal. Permasalahan tersebut dapat dijelaskan dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL). Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 SMAN 1 Trenggalek semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis quasi experiment desain yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah jenis pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan dari bentuk penelitian quasi experiment adalah dengan menggunakan metode statisfik inferensial dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Data kuantitatif diambil dari tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.000. Berdasarkan ketentuan tersebut nilai probabilitas sebesar 0.000 lt 0.05 sedangkan rata-rata gain score nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar(20 2) dibanding kelas kontrol (7 7).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270973

Actions (login required)

View Item View Item