Pengembangan media pembelajaran story map pada materi mitigasi bencana alam untuk siswa SMA kelas XI / Rafly Kholid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran story map pada materi mitigasi bencana alam untuk siswa SMA kelas XI / Rafly Kholid

Kholid, Rafly Kholid (2022) Pengembangan media pembelajaran story map pada materi mitigasi bencana alam untuk siswa SMA kelas XI / Rafly Kholid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 SMA terdapat Kompetensi Dasar yang didalamnya memuat materi mitigasi bencana alam. Salah satu indikator capaian dalam materi tersebut adalah menganalisis persebaran wilayah rawan bencana di Indonesia. Capaian tersebut mengharuskan siswa untuk dapat menganalisis persebaran wilayah bencana. Atas dasar tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran yang didalamnya memuat materi kajian bencana alam yang dilihat dari aspek risiko yakni bahaya kerentanan dan kapasitas. Story map dengan judul ldquo Risiko dan Mitigasi Bencana Banjir di Kabupaten Jombang rdquo . Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan media story map yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah research dan development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation dan Analyze). Instrumen yang digunakan menggunakan angket tertutup dan terbuka berupa angket uji validasi media validasi materi dan tanggapan guru serta siswa. Hasil uji validasi materi mendapatkan persentase 96 4% dan validasi media mendapat 98% dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji coba pada siswa dan guru dilakukan dengan 1 kali pembelajaran tatap muka dengan model PBL dan memberikan angket tanggapan terhadap penggunaan media story map dengan kualifikasi Baik dengan persentase 77 2% dari siswa dan Sangat Baik dengan persentase 93 3% dari guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270954

Actions (login required)

View Item View Item