Palupi, Diah Tri Puspitaning (2021) Pengembangan suplemen bahan ajar geografi materi pencemaran dan konservasi perairan laut menggunakan model buku acuan karya Frederick K. Lutgens dan Edward J. Tarbuck / Diah Tri Puspitaning Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 siswa diharapkan mampu belajar secara kontekstual sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam memahami permasalahan secara mandiri dan berkelanjutan. Selain itu perubahan skema ujian akhir menjadi assesmen kompetensi minimum membuat siswa dituntut untuk memperkuat kemampuan literasinya. Menurut data Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam membaca meraih skor rata-rata yakni 371 dengan rata-rata skor OECD yakni 487. Kesenjangan ini dapat diminimalisir dengan peningkatan mutu guru dan sumber belajar. Sumber belajar ini dapat berbentuk suplemen bahan ajar dengan muatan materi kontekstual yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber bacaan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Pengembangan suplemen bahan ajar geografi materi pencemaran dan konservasi perairan laut ini berbentuk buku. Buku Essentials Of Geology karya Frederick K. Lutgens dan Edward J. Tarbucks digunakan sebagai model acuan penyusunan. Materi yang disusun berdasarkan kompetensi dasar 3.7 kurikulum 2013 ldquo menganalisis dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan rdquo kelas X SMA. Materi pencemaran dan konservasi perairan laut diangkat dari fenomena di kawasan pesisir Sendang Biru Kabupaten Malang bagian selatan. Sendang Biru memiliki kawasan Cagar Alam Pulau Sempu yang ditetapkan sejak tahun 1928 Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Ekowisata CMC Tiga Warna dan 4 komponen penting pesisir (estuari mangrove padang lamun terumbu karang) serta keragaman budaya nelayan. Diharapkan suplemen bahan ajar ini dapat sumber belajar tambahan bagi siswa SMA/MA di wilayah Malang raya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah ADDIE (Analyze Design Development Implementation dan Evaluation). Hasil validasi dari ahli materi menilai bahwa suplemen bahan ajar geografi materi pencemaran dan konservasi perairan laut ini dinyatakan layak dengan nilai kelayakan 87 7 %. Sedangkan hasil uji coba kepada 9 guru SMA/MA dinyatakan layak dengan perolehan nilai kelayakan sebesar 86 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270953 |
Actions (login required)
View Item |