Pemanfaatan Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang sebagai alternatif sumber belajar geografi SMA/MA / Novela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang sebagai alternatif sumber belajar geografi SMA/MA / Novela

Novela (2022) Pemanfaatan Pantai Watu Pecak Kabupaten Lumajang sebagai alternatif sumber belajar geografi SMA/MA / Novela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi di SMA/MA Kabupaten Lumajang mayoritas menggunakan buku paket internet dan informasi dari guru sebagai sumber belajar utama. Sumber belajar monoton dapat menimbulkan permasalahan berupa pembelajaran menjadi monoton guru mendominasi dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa semakin menurun. Salah satu upaya alternatif yang dapat dilakukan yaitu menggunakan sumber belajar lingkungan wisata sebagai sumber belajar geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi potensi Pantai Watu Pecak sebagai sumber belajar geografi SMA/MA dan mengidentifikasi materi geografi yang relevan dengan objek Pantai Watu Pecak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian expose facto. Lokasi penelitian yaitu Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan survei dalam pengumpulan data dengan cara observasi wawancara dokumentasi dan menyebarkan kuesioner. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Metode analisis data yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu potensi Pantai Watu Pecak memiliki relevansi sebagai sumber belajar geografi SMA/MA sebesar 85% kategori sangat kuat dan memiliki relevansi antara objek wisata dengan materi geografi sebesar 96% kategori sangat kuat. Hal yang dapat disimpulkan yaitu Pantai Watu Pecak dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar geografi SMA/MA karena potensi dan objek wisata yang memiliki tingkat relevansi yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270942

Actions (login required)

View Item View Item