Pengembangan modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika hidrosfer / Muhammad Sultoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika hidrosfer / Muhammad Sultoni

Sultoni, Muhammad (2022) Pengembangan modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika hidrosfer / Muhammad Sultoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran saintifik melalui kegiatan 5M yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengomunikasi. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu pembelajaran saintifik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul geografi berbasis pendekatan saintifik pada materi dinamika hidrosfer. Prosedur pengembangan mengadopsi model ADDIE dengan 5 tahapan analize design dan development implementation dan evaluation. Namun pada penelitian dan pengembangan modul ini hanya sampai pada tahap develompent dikarenakan keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Subjek penelitian ini adalah ahli (materi media dan bahasa) untuk mengetahui tingkat validitas modul dan calon pengguna (guru dan siswa) untuk mengetahui respon terhadap modul. Pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk memeroleh data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan modul sangat valid/layak digunakan dengan perolehan skor dari validator materi sebesar 91 4% media 100% bahasa 100%. Calon pengguna (guru dan siswa) memberikan respon terhadap modul yang menujukkan modul ldquo sangat baik rdquo dengan jumlah skor yang didapat dari guru sebesar 100% dan siswa sebesar 88 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270939

Actions (login required)

View Item View Item