Ahmad, Nabil Alvein (2022) Pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantukan media sway terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran geografi siswa kelas x IPS / Nabil Alvein Ahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran Guided Discovery memiliki kelebihan untuk mengembangkan penguasaan keterampilan dan proses kognitif siswa serta mengarahkan siswa belajar secara mandiri sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Guided Discovery berbantuan media Sway terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mata pelajaran geografi. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) yang terdiri atas dua kelompok kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji-t sebagai uji perbedaan rata-rata untuk menguji perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Namun sebelum melakukannya dibutuhkan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian dalam uji Hipotesis menggunakan uji-t yang diperoleh nilai (Sig 2-tailed) adalah 0.00 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Guided Discovery berbantukan media Sway terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menunjukkan bahwa seluruh indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat terlaksana dengan baik melalui model pembelajaran Guided Discovery serta siswa mampu mengerjakan soal posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat sebagai referensi untuk penelitian serupa serta sebagai alternatif penggunaan model pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik di sekolah tingkat sekolah menengah atas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270937 |
Actions (login required)
View Item |