Pengembangan media video animasi berbasis audio visual "powtoon" pada materi siklus air / M. Hadi Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi berbasis audio visual "powtoon" pada materi siklus air / M. Hadi Satria

Satria, M. Hadi (2022) Pengembangan media video animasi berbasis audio visual "powtoon" pada materi siklus air / M. Hadi Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan siswa terhadap media video animasi sebagai penunjang materi siklus air yang bersifat komplek dan abstrak yang sukar dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media berupa video animasi yang memiliki komponen keunggulan berupa materi tambahan ldquo Aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi siklus air rdquo Video Berita dan bahasa Voice Over yang didasarkan atas pengembangan kekurangan pada media terdahulu. Penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap uji kelayakan media yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation) dan menggunakan evaluasi formatif guna meninjau setiap tahapan pengembangan. Hasil validasi pada media video animasi Powtoon dari aspek materi mendapat persentase sebesar 86% dan dari aspek media mendapat persentase sebesar 85%. Perolehan rata-rata keseluruhan uji validasi mendapat persentase sebesar 85% yang tergolong ldquo Sangat Layak rdquo . Uji coba dilakukan kepada 10 siswa yang mendapat rata-rata total sebesar 85 4% yang tergolong ldquo Sangat Layak rdquo yang kemudian dilanjutkan ke tahap implementasi dengan menerapkan media dalam proses pembelajaran dan memberikan angket kepada siswa untuk memperoleh respon berupa skor dan mendapatkan hasil akhir berupa rata-rata keseluruhan yaitu sebesar 82% yang tergolong ldquo Sangat Layak rdquo . Komponen unggulan media video animasi Powtoon ini yakni 1). Video berita mendapat persentase kelayakan sebesar 85% 2). Materi tambahan ldquo Aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi siklus air rdquo mendapat kelayakan sebesar 82% dan 3). Bahasa Voice Over mendapat persentase kelayakan sebesar 86%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media video animasi Powtoon sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270934

Actions (login required)

View Item View Item