Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media sparkol videoscribe pada materi dinamika hidrosfer / Andre A. Hutasoit - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media sparkol videoscribe pada materi dinamika hidrosfer / Andre A. Hutasoit

Hutasoit, Andre A. (2022) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media sparkol videoscribe pada materi dinamika hidrosfer / Andre A. Hutasoit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penggunaan media pembelajaran yang monoton dan tidak menarik menjadi permasalahan pada proses pembelajaran. Hal ini menjadi faktor penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu sparkol videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar setelah penerapan media sparkol videoscribe pada materi dinamika hidrosfer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Malang berjumlah 36 siswa. Penelitian menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Setelah terlaksananya penelitian diketahui bahwa penggunaan media sparkol videoscribe dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi dinamika hidrosfer. Hal ini terlihat pada motivasi pra tindakan memiliki rata-rata 62.00 kemudian motivasi pasca tindakan mengalami peningkatan rata-rata 71.00 dengan persentase peningkatan 12.68%. Kemudian untuk nilai hasil belajar siklus I memiliki nilai rata-rata 68.09. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 81.31 dan persentase peningkatan 16.26%. Selanjutnya untuk perolehan nilai hasil belajar berdasarkan ranah kognitif tingkat rendah (KTR) dan kognitif tingkat tinggi (KTT). Siswa lebih mampu mengerjakan soal KTR terbukti dari perolehan nilai siklus I dan II nilai KTR yaitu 77 19 dan 78 75. Sedangkan jika hasil belajar ditinjau dari tingkat motivasi peningkatan paling mendominasi terdapat pada soal ranah kognitif tingkat rendah (KTR). Terbukti dari perolehan persentase peningkatan hasil belajar pada motivasi tinggi 6 61% dan motivasi rendah 5 00%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270924

Actions (login required)

View Item View Item