Rizal, Syah (2022) Pengaruh model pembelajaran self organized learning environment (sole) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains pada materi konservasi daerah aliran sungai / Syah Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SOLE terhadap keterampilan berpkir kreatif dan keterampilan proses sains pada materi konservasi daerah aliran sungai. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan Posttest Only Design. Subjek peneltian yang digunakan adalah kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling berdasarkan nilai rata-rata UAS pada siswa kelas X IPA SMAN 3 Batu. Instrumen menggunakan tes essay yang digunakan untuk mengukur tingkat keterampilan berpikir kreatif dan non tes lembar observasi untuk mengukur tingkat keterampilan proses sains. Soal tes akan diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Analisis data yang digunakan menggunakan Independent-Sample T Test dan mann-whitney u test dengan taraf siginifikansi 0 05. Nilai signifikansi Independent-Sample T Test keterampilan berpikir kreatif sebesar 0 001 lt 0 05 dan nilai signifikansi Mann-Whitney U Test keterampilan proses sains sebesar 0 000 lt 0 05. Model SOLE berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains pada materi konservasi daerah aliran sungai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270922 |
Actions (login required)
View Item |