Dzulqornain AS, Awib Muhtar (2022) Pengembangan infografis berbasis spasial sebagai media pembelajaran interaktif topik sungai untuk sekolah menengah atas / Awib Muhtar Dzulqornain AS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan infografis berbasis spasial sebagai media pembelajaran interaktif dilakukan berdasarkan beberapa analisis meliputi analisis kebutuhan materi analisis kebutuhan peserta didik dan anaisis terhadap penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Materi dinamika hidrosfer pada topik sungai merupakan salah satu materi yang membutuhkan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada topik ini dapat membantu peserta didik untuk memberikan gambaran jenis sungai pola aliran sungai dan pemanfaatan serta permasalahan sungai sehingga dapat menjadikan peserta didik lebih mudah dalam menerima materi pembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik. Melihat penelitian yang terdahulu diperlukan adanya perbaikan atau penyempurnaan pada pengembangan media yang telah dihasilkan pada beberapa aspek meliputi kepraktisan dan keterlibatan peserta didik dalam penggunaan media. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran geografi berupa infografis berbasis spasial sebagai media pembelajaran interaktif yang layak digunakan pada materi dinamika hidrosfer topik sungai. Pengembangan produk dilakukan sampai produk media sudah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh peneliti meliputi interaktif praktis dan informatif. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan yang sudah dimodifikasi yakni 1) analisis 2) desain 3) development (pengembangan) dan 4) evaluasi. Data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari dua jenis yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator ahli media validator ahli materi dan peserta didik. Data kuantitatif berupa data angka yang diperoleh dari hasil pengolahan jawaban dalam angket. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran interaktif infografis berbasis spasial pada topik sungai. Validasi yang telah dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa secara umum media yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran geografi dengan beberapa catatan perbaikan. Hasil penilaian yang dilakukan oleh peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada aspek tampilan penggunaan materi dan manfaat dengan jumlah 16 pertanyaan diperoleh persentase 92 39% yang berarti ldquo media sangat sesuai dan dapat digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Rekomendasi penelitian dan pengembangan produk lebih lanjut berupa pengembangan infografis berbasis spasial sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat dioperasikan pada perangkat android dan Ios berbentuk aplikasi tanpa menggunakan software MS. Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 02:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270914 |
Actions (login required)
View Item |