Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Indra Dwi Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Indra Dwi Prasetya

Prasetya, Indra Dwi (2022) Pengaruh model problem based learning berplatform edmodo pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Indra Dwi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problem Based Learning memiliki beberapa keunggulan yang pertama keterlibatan atau peran siswa cukup tinggi. Kedua siswa menjadi semangat dan tertarik dalam proses pembelajaran pada pengerjaan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berplatform Edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan pretest-posttest design-control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sukadana. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa per kelas 30 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal-soal tes dirancang berdasarkan indikator berpikir kritis dan materi geografi. Analisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 000 le 0 05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar (79 83) dibandingkan kelas kontrol (67) yang berarti model Problem Based Learning berplatform Edmodo pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Sintak Problem Based Learning yang paling berpengaruh terdapat pada sintak membimbing penyelidikan individu maupun kelompok. Pada sintak tersebut siswa dituntut mengumpulkan sebuah data mengenai permasalahan yang diberikan. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan variabel penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270912

Actions (login required)

View Item View Item