Sapriansyah (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar geografi sma negeri 3 sukadana / Sapriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model Problem Based Learning memiliki beberapa keunggulan yang pertama keterlibatan atau peran siswa cukup tinggi. Kedua siswa menjadi semangat dan tertarik dalam proses pembelajaran. Ketiga mendorong peserta didik untuk lebih kolaboratif dan kooperatif dalam pengerjaan secara berkelompok. Terakhir Model Problem Based Learning dapat menunjang proses pembelajaran siswa untuk memecahkan permasalahan. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 pemberian masalah sesuai dengan yang ada di dunia nyata siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Oleh karena itu hasil belajar siswa dapat diketahui melalui model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar geografi siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Sukadana. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal essay posttest dan angket minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Soal essay dirancang sesuai indikator hasil belajar dan angket minat dirancang sesuai indikator minat belajar dan materi geografi. Analisis yang digunakan menggunakan uji Two Way Anova berbantuan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil uji Two Way Anova menunjukkan bahwa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi dari Two Way Anova sebesar 0 012 lt 0 05. Hasil uji menunjukkan signifikan karena perbedaan model pembelajaran yang diterima oleh kedua kelas. Hal tersebut dipengaruhi oleh tahapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270911 |
Actions (login required)
View Item |