Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan model addie pada materi dinamika kependudukan dengan webgis / Yosua Bagus Dwi Kristanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan model addie pada materi dinamika kependudukan dengan webgis / Yosua Bagus Dwi Kristanto

Kristanto, Yosua Bagus Dwi (2022) Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan model addie pada materi dinamika kependudukan dengan webgis / Yosua Bagus Dwi Kristanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 yang sekarang ini dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia merujuk pada model pembelajaran abad-21 yang mengedepankan aspek collaborative communication critical thinking and creativity. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 menyatakan pembelajaran dilakukan secara interaktif menyenangkan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan kemandirian siswa dalam belajar sehingga saat ini dalam kegiatan pembelajaran perangkat pembelajaran yang disiapkan oleh guru diharuskan mengacu pada tuntutan kurikulum dan permendikbud tersebut. Belum optimalnya perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti media pembelajaran mendorong peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa webGIS yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis design development implementation evaluation) pada materi dinamika kependudukan mata pelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis data penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dokumentasi dan angket. Teknik analisis pada penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Peneliti melakukan uji coba terbatas produk pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Garum. Hasil uji coba produk diperoleh 86 6% dari tanggapan siswa 91 6% hasil dari tanggapan guru. Sedangkan untuk uji kelayakan produk diperoleh hasil 94% hasil dari ahli materi dan 71% dari ahli media. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran webGIS tersebut layak digunakan dalam pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270910

Actions (login required)

View Item View Item