Kemampuan berpikir geografi ditinjau dari literasi geospasial siswa SMA di kawasan pedalaman Ketapang Kalimantan Barat / Titik Putri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir geografi ditinjau dari literasi geospasial siswa SMA di kawasan pedalaman Ketapang Kalimantan Barat / Titik Putri Lestari

Lestari, Titik Putri Lestari (2022) Kemampuan berpikir geografi ditinjau dari literasi geospasial siswa SMA di kawasan pedalaman Ketapang Kalimantan Barat / Titik Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui literasi geospasial siswa dan mengkaji kemampuan berpikir geografi ditinjau dari literasi geospasial siswa SMA di kawasan pedalaman Ketapang Kalimantan Barat. Kemampuan berpikir geografi siswa di eksplorasi melalui fenomena perubahan penggunaan lahan di Kalimantan Barat menggunakan aplikasi Google Earth. Variabel berpikir geografi ditinjau dari literasi geospatial antara lain konsep ruang skala hubungan dan pemikiran relasional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 106 siswa SMA di kawasan pedalaman Ketapang Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes esai kemampuan berpikir geografi. Literasi geospasial siswa menunjukkan hasil yang tinggi dalam mengukur jarak dan pola tetapi kesulitan dalam analisis spasial temporal. Hasil tingkat kemampuan berpikir geografi ditinjau dari literasi geospasial siswa didominasi rendah. Konsep ruang dan pemikiran relasional memiliki skor yang seimbang sedangkan interpretasi citra hubungan skala dan spasial temporal berskor rendah. Pola kemampuan berpikir geografi cukup kuat tetapi lemah pada literasi geospasial. Hasil tersebut dipengaruhi oleh faktor penerimaan konten materi di tingkat kelas yang berbeda keterampilan menggunakan teknologi geospasial konsepsi guru geografi dalam mengajar dan kondisi sosioekonomi di lokasi penelitian. Guru harus mengembangkan kemampuan berpikir geografis siswa dan memanfaatkan teknologi geospasial dengan peta digital atau peta kertas untuk membantu siswa menemukan makna pembelajaran geografi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270909

Actions (login required)

View Item View Item