Fahmi, Nur (2022) Pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa / Nur Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai tuntutan kurikulum 2013 pada abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh dari model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi (2) agar dapat mengetahui pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur menggunakan tes essay yang mengarah pada indikator kemampuan berpikir kritis. Variabel moderator pada penelitian ini yaitu minat belajar siswa yang diukur menggunakan instrumen angket. Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan two way anova berbantuan IBM SPSS Statistics 25. Dari hasil uji independent sample t-test memberikan hasil yang signifikan yaitu 0.000 terdapat pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis. Sedangkan hasil dari uji two way anova menunjukkan taraf nilai signifikan sebesar 0.032 lt 0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 2 Lambu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270906 |
Actions (login required)
View Item |