Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Anifa Dwi Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Anifa Dwi Mufidah

Mufidah, Anifa Dwi (2022) Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Ponorogo / Anifa Dwi Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan karena memiliki banyak manfaat yang akan diperoleh baik buat guru juga peserta didik terlebih mata pelajaran geografi. Penggunaan media dapat meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam proses pembelajaran. Namun banyak guru belum memanfaatkan secara maksimal pada proses pembelajaran. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pada mata pelajaran geografi kesulitan yang dialami guru dalam memanfaatkan media dan upaya yang dilakukan guru dalam memanfaatkan media. Sampel penelitian ini yaitu 6 sekolah SMA Negeri yaitu SMA Negeri 2 Ponorogo SMA Negeri 3 Ponorogo SMA Negeri 1 Babadan SMA Negeri 1 Jetis SMA Negeri 1 Jenangan serta SMA Negeri 1 Sampung. Teknik pengambilan sampel memakai teknik cluster sampling dengan kriteria berdasarkan lokasi sekolah. Instrumen penelitian menggunakan angket dan wawancara serta analisis statistik deskriptif sebagai teknik analisisnya. Hasil penelitian tergolong tinggi yaitu 100% kesulitan yang dihadapi tergolong sedang yaitu 50% dan upaya yang dilakukan tergolong tinggi yaitu 67%. Dengan adanya penelitian ini untuk peneliti selanjutnya yang memiliki kemiripan dengan penelitian ini diperlukan dapat lebih memperhatikan jumlah sampel dan instrumen penelitian yang akan digunakan agar penelitian lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270903

Actions (login required)

View Item View Item