Pengaruh collaborative creativity learning models (ccl) terhadap scientific creativity skills (scs) dan problem solving abilities (psa) siswa geografi SMA / Permita Luana Diyah Syaibana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh collaborative creativity learning models (ccl) terhadap scientific creativity skills (scs) dan problem solving abilities (psa) siswa geografi SMA / Permita Luana Diyah Syaibana

Syaibana, Permita Luana Diyah (2022) Pengaruh collaborative creativity learning models (ccl) terhadap scientific creativity skills (scs) dan problem solving abilities (psa) siswa geografi SMA / Permita Luana Diyah Syaibana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Scientific creativity skills (SCS) dan problem solving ability (PSA) merupakan salah satu tolak ukur dalam menilai kualitas seseorang pada pembelajaran 21. Scientific creativity skills (SCS) dan problem solving ability (PSA) perlu dimiliki oleh setiap siswa dan dapat dikembangkan dengan mengimplementasikan model collaborative creativity learning (CCL) karena mampu melatih siswa dalam mengeksplorasi ide berkaitan dengan permasalahan-permasalahan fenomena geografis serta mendorong peran aktif siswa dalam menguasai konsep dan menganalisis suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model collaborative creativity learning (CCL) terhadap scientific creativity skills (SCS) dan problem solving ability (PSA) siswa geografi SMA. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan posttest only control group dan Uji Mann Whitney U test dan Uji Independent-sample T test sebagai analisis data. Pemilihan populasi menggunakan teknik purposive sampling untuk siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Plemahan. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model Collaborative Creativity Learning (CCL) sedangkan kelas X IPS 3 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Collaborative Creativity Learning (CCL) dengan scientific creativity skills (SCS) dan problem solving abilities (PSA) dengan nilai signifikan 0 001 0 05. Penelitian ini membuktikan penerapan Model Collaborative Creativity Learning (CCL) dapat mengembangkan scientific creativity skills (SCS) dan problem solving abilities (PSA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270892

Actions (login required)

View Item View Item