Model project based learning berbantuan 3d maps materi pola aliran sungai: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Nur Hidayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Model project based learning berbantuan 3d maps materi pola aliran sungai: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Nur Hidayanti

Hidayanti, Nur (2022) Model project based learning berbantuan 3d maps materi pola aliran sungai: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Nur Hidayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan fundamental dalam pembelajaran Geografi yaitu kemampuan berpikir spasial. Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan 3D Maps mempermudah siswa dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman materi sebagai media meningkatkan berpikir spasial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan 3D Maps materi pola aliran sungai terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment. Terdiri dari 70 siswa sebagai subyek penelitian dengan rincian 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian membuktikan terjadi peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa dimana kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Model PjBL berbantuan 3D Maps materi pola aliran sungai memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Peneliti juga membandingkan nilai rata-rata post-test siswa berdasarkan gender. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa perempuan mendapatkan nilai rata-rata lebih baik daripada siswa laki-laki. Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan tingkat berpikir laki-laki dan perempuan diantaranya yaitu pengalaman spasial faktor lingkungan dan perbedaan emosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270889

Actions (login required)

View Item View Item