Safitri, Isti Farin Oktafia (2022) Guided inquiry learning: apakah berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa? Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided inquiry learning pada hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan nounrandomazed control group pretest-posttest design dengan teknik purposive sampling untuk memperoleh hasil belajar siswa serta diketahuinya perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan guided inquiry learning. Pengumpulan data menggunakan lima soal essay pretest dan posttest sesuai dengan taraf kognitif C1- C4. Berdasarkan hasil belajar siswa menunjukkan guided inquiry learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yakni ditunjukkandengan nilai rata-rata yang dihasilkan berbeda antara kelas kontrol XI.2 serta kelas eksperimen XI.3 dengan perolehan nilai rata-rata 82.5 diperoleh dari kelas eksperimen sementara 69.5 ada pada kelas kontrol. Selain itu adanya kemampuan berpikir siswa secara sintesis baik berpikir secara konvergen ataupun divergen dengan ditunjukkan dengan kemampuan berpikir secara sistematis analitis dan kreatif. Sintaks yang paling berpengaruh ialah sintaks orientasi merumuskan hipotesis melakukan pengujian hipotesis dan menarik kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan guided inquiry learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI.3 IPS SMA Laboratorium UM. Kata kunci Guided Inquiry Learning Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:13 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270888 |
Actions (login required)
View Item |