Model pembelajaran inkuiri terbimb0ing (guided inquiry) pada mata pelajaran geografi : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Yoga Dwi Ahmad Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran inkuiri terbimb0ing (guided inquiry) pada mata pelajaran geografi : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Yoga Dwi Ahmad Kurniawan

Kurniawan, Yoga Dwi Ahmad (2022) Model pembelajaran inkuiri terbimb0ing (guided inquiry) pada mata pelajaran geografi : pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Yoga Dwi Ahmad Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang wajib dikuasai oleh siswa karena kemampuan tersebut mampu melatih siswa agar dapat mengolah informasi serta membuat keputusan logis yang diyakini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment dengan desain penelitian post test control group design yang bertujuan untuk memperoleh hasil dari kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan perilaku model pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMAN 1 Genteng dengan total 40 siswa di setiap kelas pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data penelitian menggunakan LKPD dan soal post test kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis yakni terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberikan perilaku model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model konvensional kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 90.85 sedangkan kelas kontrol 77. Demikian model inkuiri terbimbing dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X IPS SMAN 1 Genteng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270885

Actions (login required)

View Item View Item