Pengaruh model flipped classroom berwahana edmodo terhadap pemahaman konsep geografi / Ririn Mei Kirana Puspita Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model flipped classroom berwahana edmodo terhadap pemahaman konsep geografi / Ririn Mei Kirana Puspita Wardhani

Wardhani, Ririn Mei Kirana Puspita (2022) Pengaruh model flipped classroom berwahana edmodo terhadap pemahaman konsep geografi / Ririn Mei Kirana Puspita Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa pandemi proses pembelajaran dilakukan dengan sistem pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh sehingga membutuhkan model pembelajaran yang sesuai diterapkan pada masa pandemi untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa. Model flipped classroom berwahana edmodo sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep geografi dikarenakan model flipped classroom berwahana edmodo memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran yang diberikan dan mempelajari materi secara mendalam. Model flipped classroom direkomendasikan oleh Kemendikbud sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan dalam masa pandemi tetapi belum diketahui pengaruhnya terhadap pemahaman konsep geografi. Tujuan dari riset ini untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom berwahana edmodo terhadap pemahaman konsep geografi. Riset ini merupakan riset kuantitatif menggunakan jenis riset eksperimen semu. Rancangan riset ini yaitu pretest-posttest control group design yang meliputi kelas eksperimen dengan perlakuan model flipped classroom dan kelas kontrol dengan perlakuan konvensional berdasarkan teknik purposive sampling. Data pada riset meliputi data pemahaman konsep geografi siswa. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji independent t-test. Hasil riset menunjukkan adanya pengaruh perlakuan model flipped classroom berwahana edmodo terhadap pemahaman konsep geografi siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol menggunakan perlakuan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270884

Actions (login required)

View Item View Item