Evaluasi buku teks geografi sma/ma terbitan mediatama untuk materi konsep wilayah dan tata ruang / Ilzam Ammirul Rizqy - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi buku teks geografi sma/ma terbitan mediatama untuk materi konsep wilayah dan tata ruang / Ilzam Ammirul Rizqy

Rizqy, Ilzam Ammirul (2022) Evaluasi buku teks geografi sma/ma terbitan mediatama untuk materi konsep wilayah dan tata ruang / Ilzam Ammirul Rizqy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku teks memiliki kedudukan sebagai sumber belajar yang memuat berbagai informasi dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Buku teks yang digunakan harus memuat komponen agar sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi dan tujuan pendidikan nasional. Buku teks yang tidak sesuai akan menghambat penyerapan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan buku teks Geografi terbitan Mediatama tahun 2016 karya Aji Arifin pada materi konsep wilayah dan tata ruang. Objek kajian diperoleh dari observasi pendataan penggunaan buku teks ini di seluruh SMA/MA se-Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengerjaan evaluasi buku teks menggunakan cara validasi untuk mengkaji ketidaksesuaian isi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa dan keberfungsian media. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesalahan data 17.40% ketidaksesuaian isi dengan kurikulum 25% kebenaran konsep 29 34% kebenaran bahasa dan 18% keberfungsian media. Dengan begitu hasil analisis bahwa buku teks masuk kategori sedang yang menggambarkan kualitas dan kuantitas buku berkaitan dengan kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270883

Actions (login required)

View Item View Item