Rumaisah (2021) Hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang selama masa pandemi / Rumaisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rumaisah. 2021. Hubungan Self-Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang Selama Masa Pandemi. (1) Dr. Yusuf Suhsarto M.Pd. (2) Alfi Sahrina S.Pd M.Pd. Kata Kunci Self efficacy Covid-19 Kemandirian Belajar Permasalahan yang telah terjadi saat ini adalah proses pembelajaran yang terpaksa dilakukan di rumah sejak adanya pandemi yang terjadi di dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Pada pandemi Covid-19 ini telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini mencoba mengambil objek mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang angkatan lama (angkatan 2018) sedang (angkatan 2019) dan baru (angkatan 2020). Dimana mahasiswa angkatan tersebut merupakan beberapa angkatan yang cukup lama dan baru menerima pembelajaran dari perkuliahan dan masih aktif menerima materi perkuliahan baik itu secara luring (offline) maupun daring (online). Tentu banyak pengalaman pembelajaran yang dialami. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang sebelum masa pandemi. Tujuan kedua yaitu untuk mengetahui bagaimanakah hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berbentukldeskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi non-eksperimen. Hasil dari penelitian adalah Self efficacy sebelum pandemi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang angkatan 2018-2020. Self efficacy selama pandemi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang angkatan 2018-2020. Hasil dari penelitian ini Self efficacy selama pandemi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang angkatan 2018-2020. Namun persentasenya tidaklah sebesar sebelum pandemi. Itu artinya disini dapat diduga terjadi penurunan pula terhadap tingkat self-efficacynya mahasiswa. Seseorang apabila memiliki kebiasaan belajar yang baik mengenai cara belajar seperti mampul mempraktikkannya dalam belajar sehari-hari sehinggal lama kelamaan menjadi kebiasaan baik di dalam kelas maupun di luar sekolah yang akhirnya akan didapati nilai atau hasil yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270882 |
Actions (login required)
View Item |