Pengaruh problem-based learning dengan pendekatan lingkungan terhadap kemampuan literasi lingkungan dan complex problem-solving materi konservasi daerah aliran sungai / Akmal Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh problem-based learning dengan pendekatan lingkungan terhadap kemampuan literasi lingkungan dan complex problem-solving materi konservasi daerah aliran sungai / Akmal Fahmi

Fahmi, Akmal (2022) Pengaruh problem-based learning dengan pendekatan lingkungan terhadap kemampuan literasi lingkungan dan complex problem-solving materi konservasi daerah aliran sungai / Akmal Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh 1) kemampuan literasi lingkungan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol 2) kemampuan CPS siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol 3) kemampuan literasi lingkungan dan CPS siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran geografi di SMA materi konservasi DAS. Penelitian ini termasuk quasi-experiment dengan posttest only control group design. Analisis data menggunakan MANOVA one-way dan uji lanjut Least Significant Difference (LSD). Populasi penelitian adalah siswa Kelas X MIPA SMAN 3 Pamekasan Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa (kelas eksperimen 36 dan kelas kontrol 36). Hasil nilai uji Multivariat adalah 1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan kemampuan literasi lingkungan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (0 000 lt 0 05) 2) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan CPS siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (0 000 lt 0 05) 3) kemampuan CPS mendapatkan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan literasi lingkungan (0 000 lt 0 001) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata skor kemampuan literasi lingkungan dan complex problem-solving pada kelas eksperimen sebesar 83 25 dan 84 31 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 71 33 dan 71 58.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270879

Actions (login required)

View Item View Item