Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) berbantuan buku teks digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Rizka Amilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) berbantuan buku teks digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Rizka Amilia

Amilia, Rizka (2022) Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) berbantuan buku teks digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Rizka Amilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran yang berkaitan dengan sains teknologi dan masyarakat disebut sebagai Sains Teknologi Masyarakat. Penggunaan model STM memiliki kesan karena memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada pembelajaran geografi yang berkaitan dengan kondisi lingkungan masyarakat. Penerapan model STM perlu bantuan sumber belajar diantaranya yaitu buku teks digital. Buku teks digital merupakan pangkal belajar serta media yang bisa meningkatkan hasil pembelajaran siswa yang dikemas secara digital sehingga memudahkan siswa untuk mengakses buku teks pelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalen pretest-posttest control group design. Teknik cluster random Sampling dipilih sebagai sampel penelitian dengan melibatkan kelas XI IPS 1 untuk kelas eksperimen dengan penerapan model belajar STM menggunakan bantuan buku teks digital serta kelas kontrol yang tidak diterapkan model belajar STM bantuan buku teks digital menggunakan kelas XI IPS 2 berjumlah 72 siswa SMA Negeri 9 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penggunaan statistik inferensial uji t pada penelitian ini menjadi teknik analisis data. Pada hasil uji t didapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0 002 yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi dengan menngunakan model pembelajaran STM berbantuan buku teks digital pada murid yang melakukan proses belajar materi geografi memakai model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270878

Actions (login required)

View Item View Item