Pengaruh model modified free inquiry berbantuan video terhadap keterampilan multi representasi siswa SMA / Putri Nur Hawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model modified free inquiry berbantuan video terhadap keterampilan multi representasi siswa SMA / Putri Nur Hawa

Hawa, Putri Nur (2022) Pengaruh model modified free inquiry berbantuan video terhadap keterampilan multi representasi siswa SMA / Putri Nur Hawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modified Free Inquiry (MFI) merupakan model pembelajaran aktif yang digunakan untuk memenuhi tuntutan pembelajaran di Indonesia dimana siswa harus memiliki keterampilan dalam menggunakan representasi dan membangun representasi dari konsep sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MFI berbantuan video terhadap keterampilan multi representasi siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang pada tahun pelajaran 2021-2022. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa 10 soal essay yang disesuaikan dengan indikator keterampilan multi representasi. Instrumen sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan realibilitas untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Analisis data menggunakan uji t-test dengan SPSS 25.0 for windows yang sebelumnya telah melalui uji prasyarat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa model MFI berbantuan video memiliki pengaruh terhadap keterampilan multi representasi siswa SMAN 1 Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270874

Actions (login required)

View Item View Item