Pengaruh model spatial problem based learning (spbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 11 IPS / Nurul Itsnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model spatial problem based learning (spbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 11 IPS / Nurul Itsnaini

Itsnaini, Nurul (2022) Pengaruh model spatial problem based learning (spbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 11 IPS / Nurul Itsnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil PISA Indonesia tahun 2018 mengalami penurunan yang disebabkan masih rendahnya kemampuan siswa dalam memenuhi tuntutan global. Berpikir kreatif menjadi salah satu kompetensi kecakapan abad 21 dan profil pelajar Pancasila. SPBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui sintaknya. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki dampak mengintegrasikan pengajaran berpikir kreatif melalui pembelajaran berbasis masalah spasial (SPBL). Rancangan penelitian jenis quasi eksperimen ini menggunakan pretest and posttest control design dengan jumlah sampel 66 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes dan angket. Tes essay berjumlah lima soal diberikan saat pretest dan posttest. Data penelitian dianalisis dengan uji independent sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0 73 gt 0 05. Nilai gain score kelas eksperimen (48%) lebih tinggi daripada kelas kontrol (40 1%). Hasil penelitian menunjukkan pendekatan SPBL tidak mempengaruhi secara signifikan namun dapat meningkatkan pemikiran kreatif siswa kelas 11 IPS di SMAN 1 Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Sehingga perlu dilakukan pembiasaan penggunaan model SPBL terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270873

Actions (login required)

View Item View Item