Pengaruh penggunaan webgis (web based geographic information system) terhadap hasil belajar dan keterampilan geografi secara berkelanjutan / Achmad Alfinda Fadly - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan webgis (web based geographic information system) terhadap hasil belajar dan keterampilan geografi secara berkelanjutan / Achmad Alfinda Fadly

Fadly, Achmad Alfinda (2022) Pengaruh penggunaan webgis (web based geographic information system) terhadap hasil belajar dan keterampilan geografi secara berkelanjutan / Achmad Alfinda Fadly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi pembelajaran geografi yang sangat luas dan perlu memanfaatkan banyak sumber belajar dan alat pembelajaran. Teknologi diperlukan untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas peserta didik. Penggunaan media pembelajaran webGIS dapat mendorong siswa belajar dengan melakukan dan mensimulasikan kajian geografis secara profesional melalui kerja kolaboratif sesuai dengan materi yang diterapkan sehingga tidak hanya menghafal tempat-tempat geografis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan webGIS terhadap hasil belajar geografi dan keterampilan geografi secara berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu dengan analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan Gain score untuk menguji efektifitas webGIS. Sebelumnya data di uji normalitas dan homogenitas dengan hasil keduanya berdistribusi normal dan memiliki varian data yang homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan webGIS berpengaruh pada hasil belajar geografi serta efektif terhadap peningkatan nilai siswa. Penggunaan webgis pada penelitian ini secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan geografi secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270862

Actions (login required)

View Item View Item