Pengaruh model pembelajaran Water Inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi Dinamika Hidrosfer siswa SMA Negeri 2 Batu / Ummah Afiyatun Nissa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Water Inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi Dinamika Hidrosfer siswa SMA Negeri 2 Batu / Ummah Afiyatun Nissa

Nissa, Ummah Afiyatun (2022) Pengaruh model pembelajaran Water Inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi Dinamika Hidrosfer siswa SMA Negeri 2 Batu / Ummah Afiyatun Nissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir analitis sebagai penalaran kompleks dengan menciptakan proses pembelajaran bermakna yang perlu dikuasai siswa. Model pembelajaran water inquiry melatih siswa untuk mengintegrasikan wawasan yang diperoleh di kelas untuk menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan data dan fakta yang ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran water inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi dinamika hidrosfer kelas X SMA Negeri 2 Batu. Penelitian menggunakan metode true experimental design dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Batu dengan subjek penelitian X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-8 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai gain score X-7 lebih unggul dengan nilai 72% dibandingkan X-8 yang hanya 45% artinya kemampuan berpikir analitis kelas eksperimen mengalami peningkatan secara signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran water inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa secara signifikan. Namun model pembelajaran water inquiry masih perlu dipahami lebih lanjut oleh siswa. Maka dalam pelaksanaanya perlu diberikan instruksi lebih detail kepada siswa tentang penggunaan kartu biomonitoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270860

Actions (login required)

View Item View Item