Pengembangan bahan ajar digital dengan pendekatan stem pada sub materi unsur cuaca dan iklim dinamika atmosfer / Zaura Salsalvibilla Putri Tyanka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital dengan pendekatan stem pada sub materi unsur cuaca dan iklim dinamika atmosfer / Zaura Salsalvibilla Putri Tyanka

Tyanka, Zaura Salsalvibilla Putri (2022) Pengembangan bahan ajar digital dengan pendekatan stem pada sub materi unsur cuaca dan iklim dinamika atmosfer / Zaura Salsalvibilla Putri Tyanka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi abad 21 memberikan pengaruh di semua bidang terutama dalam bidang pendidikan. Guru diarahkan untuk mengkombinasikan pembelajaran dengan penggunaan teknologi pada abad 21 ini. Bahan ajar digital memberikan kelancaran dan kemudahan dalam proses pembelajaran melalui belajar aktif dan mandiri. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital dengan pendekatan STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) untuk menunjang proses pembelajaran Geografi. Penelitian ini termasuk Research and Development. Rancangan penelitian yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang ditekankan pada tahap ADD(Analysis Design and Development) untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar digital yang valid dan layak berdasarkan penilaian validator ahli. Validasi kelayakan media dilakukan oleh validator materi validator media dan validator bahasa kemudian dilakukan uji kelayakan kepada guru geografi 36 siswa kelas 10 IPS 2 SMAN 1 Lawang. Pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi bahan ajar digital menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 93% dari ahli materi dengan kualifikasi ldquo sangat baik rdquo 97% dari ahli media dengan kualifikasi ldquo sangat baik rdquo 74% dari ahli bahasa dengan kualifikasi ldquo sangat baik 92% dari guru geografi dengan kualifikasi ldquo sangat baik rdquo . Sementara itu hasil uji kelayakan produk terhadap siswa memperoleh rata- rata penilaian 82% dengan kualifikasi ldquo sangat baik rdquo . Komponen unggulan yang meliputi Aku Pasti Bisa Mari Kita Lakukan Tahukah Kamu terdapat soal yang terintegrasi STEM dan fitur-fitur juga mendapatkan kelayakan yang sangat baik. Hal ini disimpulkan bahwa bahan ajar digital dengan pendekatan STEM layak digunakan dalam menunjang pembelajaran geografi KD 3.6 Dinamika Atmosfer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270854

Actions (login required)

View Item View Item