Pengembangan media pembelajaran Georotation pada submateri rotasi dan revolusi bumi / Annisa Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Georotation pada submateri rotasi dan revolusi bumi / Annisa Khusnul Khotimah

Khotimah, Annisa Khusnul (2022) Pengembangan media pembelajaran Georotation pada submateri rotasi dan revolusi bumi / Annisa Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara dalam penyampaian suatu informasi melalui berbagai saluran. Informasi yang disampaikan dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik baik dari segi pikiran hingga kemauan yang dapat meningkatkan proses pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran pada geografi dapat membantu siswa dalam memahami hal-hal yang bersifat abstrak dan sulit untuk dipahami. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat diakses di smartphone. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Jenis data dalam penelitian pengembangan ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari validator ahli maupun responden uji coba. Data kuantitatif dalam penelitian pengembangan ini berupa skor angka dalam angket yang diperoleh dari validator ahli dan responden uji coba. Produk georotation pada penelitian ini telah diuji cobakan kepada siswa kelas X-D SMAN 2 Probolinggo sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media georotation memperoleh persentase 98% dari validator ahli media 77% dari validator ahli materi 97% dari tanggapan guru 83% dari tanggapan peserta didik sebagai subjek uji coba. Dengan demikian hasil menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran georotation sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 02:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270844

Actions (login required)

View Item View Item