Membangun kreativitas kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan arcgis storymaps / Wisang Elang Fajar Nisnala - Repositori Universitas Negeri Malang

Membangun kreativitas kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan arcgis storymaps / Wisang Elang Fajar Nisnala

Nisnala, Wisang Elang Fajar (2022) Membangun kreativitas kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan arcgis storymaps / Wisang Elang Fajar Nisnala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengetahuan konsep keruangan proses penalaran dan penggunaan alat representasi merupakan ciri keterampilan kognitif dari kemampuan berpikir spasial yang patut dikuasai siswa. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan ArcGIS Storymaps yang dikolaborasikan dengan model challange based learning atas kreativitas kemampuan berpikir spasial siswa. Quasi Experiment dengan quantitative approach merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian. Subjek analisis penelitian adalah siswa sekolah menengah atas dengan total 68 siswa yang terdiri dari dua kelas yang bersifat homogen. Tes esai kreativitas kemampuan berpikir spasial dan kuesioner dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Serta analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil uji statistik membuktikan penggunaan ArcGIS Storymaps berpengaruh terhadap kreativitas kemampuan berpikir spasial yang terwujud dalam penguasaan persepsi spasial visualisasi spasial relasi spasial orientasi spasial dan mental rotasi yang ditunjukkan pada peningkatan nilai postest siswa. Sedangkan terdapat inkonsistensi terhadap keterampilan penggunaan ArcGIS Storymaps dengan nilai postest. Kata kunci Storymaps Kreativitas Berpikir Spasial Challenge Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270842

Actions (login required)

View Item View Item