Pengaruh model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi siswa SMAN 7 Malang / Feny Panjerina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi siswa SMAN 7 Malang / Feny Panjerina

Panjerina, Feny (2022) Pengaruh model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran geografi siswa SMAN 7 Malang / Feny Panjerina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran yang akan diterapkan kepada siswa sebaiknya efektif dan menarik. Salah satu model pembelajaran geografi yang efektif dan menarik ialah model project based learning. Model project based learning adalah model pembelajaran yang membuat produk (proyek) secara terstruktur. Model ini dapat memicu rasa ingin tahu siswa untuk memecahkan sebuah masalah yang dihadapi dan juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi siswa SMAN 7 Malang. Riset ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek pada riset ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol XI IPS SMAN 7 Malang. Hal baru pada riset ini yaitu penggunaan story map pada model project based learning ini siswa dapat membuat peta secara sederhana dan menarik sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji t (independent sample t-test) menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model project based learning berbantuan story map lebih baik daripada siswa yang hanya menggunakan model project based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270840

Actions (login required)

View Item View Item