Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada vulkanisme berbasis spasial / Syafril Hidayah Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada vulkanisme berbasis spasial / Syafril Hidayah Arif

Arif, Syafril Hidayah (2022) Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada vulkanisme berbasis spasial / Syafril Hidayah Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi pada bidang pendidikan semakin hari mengalami peningkatan salah satunya yaitu pada bidang media pembelajaran. Indonesia menerapkan Kurikulum 2013 yang bertujuan untuk menciptakan generasi produktif inovatif dan kreatif. Penggunaan teknologi Augmented Reality selaras dengan pembelajaran pada kurikulum 2013 yang mengubah paradigma Teacher Centered menjadi Student Centered. Selain itu teknologi ini juga dapat mengakomodasi keterbatasan guru dalam pemilihan media pembelajaran sehingga mempermudah penyampaian materi kepada siswa. Aplikasi yang dikembangkan yaitu ldquo iMagma rdquo yang memuat materi vulkanisme berbasis spasial yang didesain untuk menambah wawasan geografi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1). Menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada materi vulkanisme berbasis spasial (2). Mengetahui kelayakan media pembelajaran ldquo iMagma rdquo sebagai media pembelajaran pada smartphone yang didasarkan pada validasi ahli materi media dan bahasa. Hasil penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada materi vulkanisme berbasis spasial yang memiliki tingkat kelayakan layak berdasarkan pernyataan para ahli dan (2) Media pembelajaran ini memiliki penilaian berdasarkan responden siswa dengan persentase 86% serta persentase 90% berdasarkan penilaian guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270832

Actions (login required)

View Item View Item