Pramudianingrum, Mira Tri (2021) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa geografi MA Miftahul Huda Kediri / Mira Tri Pramudianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah masih menggunakan pendekatan student centered. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih kurang karena guru masih mendominasi pada kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dieksperimenkan model inkuiri terbimbing. Guru dalam pembelajaran inkuiri terbimbing ini berperan sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran. Siswa hanya diberikan sebuah masalah topik dan pertanyaan sedangkan prosedur serta analisis hasil dan pengambilan kesimpulan dilakukan oleh siswa dengan bimbingan yang intensif dari guru. kelebihan inkuiri terbimbing sebagai berikut a) Pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif afektif dan psikomotor secara seimbang sehingga pembelajaran dengan menggunakan inkuiri dianggap lebih bermakna b) Pembelajaran inkuiri dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka c) Pembelajaran inkuiri merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang mengganggap belajar adalah proses perubahan tingkat laku berkat adanya pengalaman dan d) Pembelajaran inkuiri ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek dalam penelitian siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 MA Miftahul Huda Ngreco Kec. Kandat Kediri. Instrumen yang digunakan berupa soal berpikir tingkat tinggi dengan indikator menganalisis mengevalusi dan mencipta. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan menggunakan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari hasil temuan analisis dilakukan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi diketahui bahwa nilai siginifikasi sebesar 0 000 lt 0.05 dengan rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270826 |
Actions (login required)
View Item |