Pengembangan permainan monopoli "Mononesia" dalam pembelajaran PPKN materi bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat di SMP N 1 Karangjati Kabupaten Ngawi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan monopoli "Mononesia" dalam pembelajaran PPKN materi bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat di SMP N 1 Karangjati Kabupaten Ngawi

Amanda, Aprisa Diar (2022) Pengembangan permainan monopoli "Mononesia" dalam pembelajaran PPKN materi bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat di SMP N 1 Karangjati Kabupaten Ngawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan media permainan monopoli sebagai media pembelajaran PPKn SMP kelas VII semester 2 pada materi ldquo Bentuk-Bentuk Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penellitian pengembangan model Borg amp Gall dengan melaksanakan enam tahapan langkah penelitian dan pengembangan. Uji coba secara terbatas lakukan pada siswa kelas VII SMP N 1 Karangjati Kabupaten Ngawi semester 2 tahun ajaran 2021-2022. Hasil validasi uji kelayakan media pembelajaran mononesia menurut ahli materi ahli media dan ahli pembelajaran mendapatkan kategori layak untuk dikembangkan. Hasil uji kemanarikan oleh siswa pada kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh kategori sangat menarik. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media pembelajaran mononesia dapat menambah motivasi belajar siswa dengan ketercapaianya hasil belajar siswa dengan begitu tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270648

Actions (login required)

View Item View Item